01
Feb
08

Menu makan siang praktis dan sehat

menu sehatCuaca yang tidak bersahabat , pagi hujan, siang panas, sore hujan kembali, membuat kita rentan terhadap penyakit, yang paling sering terserang radang tenggorokan, selain obat makanan pun harus dijaga supaya cepat pulih, yang biasanya disarankan dokter untuk tidak minum minuman dingin dan goreng-gorengan, aku coba tampilkan menu yang biasanya aku buat jika dirumah sedang terserang radang tenggorokan.Ikan bakar yg dibungkus daun dengan bumbu minimalis, dipadu dengan sayur bening bayam, wortel dan oyong yg katanya bagus untuk penderita sinusitis, dengan bumbu ditambahkan temu kunci yang sifatnya dingin, baik untuk yg sedang batuk dan panas dalam, dan terakhir dimakan bersama nasi yg dimasak bersama agar-agar yang berserat tinggi.Semoga menu ini bisa bermanfaat.

Selamat mencoba.

Ikan bakar bungkus daunIkan bakar bungkus daun

Bahan yang diperlukan:

  1. Ikan bawal/kakap 1 ekor ukuran 400 gr
  2. Daun secukupnya
  3. Garam secukupnya.

Bumbu halus

  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Kunyit 1 ruas jari
  • Daun salam 5 lembar
  • Air jeruk nipis 1sdm

Cara membuat :

  1. Cuci bersih ikan, potong menjadi 3 bagian, lumuri air jeruk nipis biarkan 5 menit.
  2. Campur ikan dengan bumbu halus, bungkus dengan daun.
  3. Panggang hingga ikan matang. Sajikan hangat.

sayur beningSayur bening

Bahan-bahan

  • Bayam 1 ikat
  • Oyong 2 buah
  • Wortel 2 buah
  • Temu kunci 2 buah
  • Daun salam 5 lembar
  • Garam 1/2 sdm
  • Gula pasir 1 sdm
  • Air 700 ml

Bumbu iris :

  • Bawang merah
  • Bawang putih

Cara membuat :

  1. Bersihkan bayam, sisihkan. Bersihkan oyong potong –potong , sisihkan. Bersihkan wortel potong kecil, sisihkan.
  2. Didihkan air, masukkan wortel dan bumbu iris, daun salam, temu kunci, masak hingga setengah matang.
  3. Masukkan oyong, rebus sebentar. Masukkan bayam, garam dan gula, masak hingga bayam layu dan cukup matang. Sajikan dingin

nasi agar-agarNasi agar-agar

Bahan :

  • Beras ½ liter
  • Agar-agar putih ½ bungkus
  • Air secukupnya (tergantung jenis beras)

Cara membuat :

  1. Cuci bersih beras, sisihkan
  2. Didihkan air, masukkan beras dan agar-agar, masak dengan api sedang hingga air habis dan beras menjadi setengah matang, dinginkan.
  3. Siapkan dandang, masukkan beras yang sudah diaron, kukus hingga matang.
  4. Jika memasak memakai rice cooker, masak seperti biasa ( campur beras, air dan agar-agar) .

0 Responses to “Menu makan siang praktis dan sehat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Disclaimer

This blog consists of external links only. I'm not responsible of any file and content as they are not under my control. Links and contents are not checked. All downloads are under your responsability.

online

anda pengunjung ke

  • 256,032 pengunjung
February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
My Popularity (by popuri.us) KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

join

Earn $$ with WidgetBucks!

Media


%d bloggers like this: