31
Jan
08

Ubuntu Muslim Edition + Mac4Lin

Sudah lama tidak bermain lagi dengan linux. Terakhir mencicipi linux mint 3.1 (yang merupakan turunan dari ubuntu). Semenjak mengenal ubuntu dari versi 5.04, hampir setiap versi ubuntu yang dirilis selalu saya cicipi di PC ataupun Laptop. Baik itu diperoleh lewat program ShipIt, pinjem teman, dari majalah komputer, maupun men-download langsung dari internet. Tapi semenjak jadi ‘pekerja kerah putih’, kegitan ngoprek linux ataupun ngoprek lainnya jadi terhenti. Entah karena terlalu ’sibuk’ atau emang kehilangan motivasi (males :p ).

Baru-baru ini, Ubuntu mengeluarkan versi terbaru yaitu ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon. Bahkan beberapa kota di Indonesia dan penjuru dunia lainnya sampai mengadakan acara Penyambutan Rilis terbaru (GRP, Gutsy Release Party) oleh komunitas ubuntu. Meskipun saya tidak pernah aktif di komunitas ubuntu, tapi saya juga ingin ikut menyambut kedatangan ubuntu rilis terbaru di blog yang sudah lama tak diurus ini.. hehe.

Komentar saya cuma satu untuk ubuntu edisi terbaru ini… WOW. Di laptot yang saya gunakan, Lenovo Y400, di Ubuntu versi sebelumnya biasanya untuk mengeluarkan suara harus menginstall alsa versi terbaru terlebih dahulu.. Tapi dengan Gutsy, ga perlu repot-repot lagi… Untuk mencoba efek 3D dengan compiz pun ga perlu cape-cape download buat nginstall.. Namun untuk menjalankan beberapa file multimedia seperti mp3, avi, mp4, mpeg tetep harus nginstall lagi dari internet… ( Tapi kabarnya Blankon 2.0, mau dirilis tanggal 15 November nanti loh.. Blankon 2.0 dah support mp3 loh (kayak linux mint).

Bagi temen-temen Muslim yang ingin menginstall Ubuntu bernuansa Islami, dapat mencoba Ubuntu Muslim Edition. Ubuntu Muslim Edition adalah modifikasi Ubuntu dengan menambahkan beberapa apliakasi Islami seperti penunjuk waktu sholat (Mimbar Prayer Times), Al-Quran dari Internet (Zekr), Kalender Hijriah, Web Content Filtering serta modifikasi beberapa themes seperti tampilan grub manager, usplash, GDM Login, Themes, dsb.

Biasanya sudah tersedia dalam bentuk ISO, namun sampai tulisan ini dibuat untuk Ubuntu 7.10 masih belum tersedia. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai di kompilasi dan dapat di download. Atau jika mempunyai akses internet, kamu dapat menjalankan script yang telah dibuat untuk memodifikasi Ubuntu 7.10 dan langsung mendownload file-file yang dibutuhkan dan mengubah Ubuntu kamu menjadi lebih Islami.

Atau jika ingin menganti tampilan ubuntu menjadi lebih mirip Mac OS X, kamu bisa mencoba Mac4Lin, sebuah kumpulan paket berisi file-file yang dibutuhkan untuk mengganti tampilan Ubuntu kamu menjadi jadi lebih mirip Mac OSX yang dikembangkan oleh Anirudh (In ubuntuforum known as infra_red_dude)… Thanks dude.

 

Selamat berUbuntu ria….

 

screenshot1.png screenshot2.png screenshot3.png

Screenshots dari Ubuntu Muslim Edition dapat dilihat disini http://ubuntume.com/screenshots.


0 Responses to “Ubuntu Muslim Edition + Mac4Lin”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Disclaimer

This blog consists of external links only. I'm not responsible of any file and content as they are not under my control. Links and contents are not checked. All downloads are under your responsability.

online

anda pengunjung ke

  • 256,032 pengunjung
January 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
My Popularity (by popuri.us) KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

join

Earn $$ with WidgetBucks!

Media


%d bloggers like this: