31
Jan
08

Hack Windows XP Password dengan Ophcrack

Sebelumnya saya pernah membuat tutorial mengenai Hack Windows XP (SP2) Passwords menggunakan pwdump6. Namun, cara tersebut mengharuskan user dengan status admin agar dapat ‘dump’ file HASH dari Windows. Sekarang saya akan menyampaikan cara lain untuk ‘cracking’ password Windows XP (semua versi) dengan menggunakan Ophcrack.

Ophcrack is a Windows password cracker based on rainbow tables. It is a very efficient implementation of rainbow tables done by the inventors of the method. It comes with a GTK+ Graphical User Interface and runs on Windows, Mac OS X (Intel CPU) as well as on Linux.

Hebatnya lagi, Ophcrack tersedia dalam bentuk LiveCD, sehingga tidak diperlukan proses instalasi dan tidak perlu password admin, hanya butuh akses agar komputer dapat booting dari CD (biasanya urutan booting default BIOS komputer saat ini dimulai dari CD/DVD ROM, so don’t worry) -D . Ophcrack LiveCD merupakan Linux yang berbasis SLAX (turunan dari Slackware) dan sudah terdapat Ophcrack dan Rainbow Table untuk cracking password alpanumerik.

Intinya hampir sama dengan cara kerja pwdump6, namun karena Ophcrack menggunakan linux LiveCD sehingga dapat langsung mount file sistem Windows tanpa perlu login ke Windows serta membaca file Hash (windows\system32\config) dan melakukan dump ke file text biasa yang kemudian dapat langsung di crack. Dan hebatnya, tidak perlu Tools seperti JTR lagi, karena crack dilakukan dengan Ophcrack menggunakan Rainbow Table dan memberikan hasil yang sangat cepat.

Ok.. langsung aja kita praktek, tapi sebelumnya pasang disclaimer dulu ah… biar bisa ‘lepas’ tanggung jawab kalau tutorial ini disalahgunakan oleh pihak lain -P

Disclaimer:

This document was written in the interest of education and care of awareness for unaware people. The author cannot be held responsible for how the topics discussed in this document are applied.

Lets Begin

Pertama kali anda harus mendownload file ISO Ophcrack LiveCD dari sini. Lalu burn ke dalam CD. Dan selanjutnya boot Komputer ‘target’ dari Ophcrack LiveCD, maka akan tampak seperti ini :

boot.JPG

Tekan Enter dan biarkan proses Booting berlangsung. Ophcrack akan otomatis masuk ke windows manager menggunakan fluxbox dan langsung menjalankan Ophcrack. Proses pertama adalah mendapatkan file HASH dari partisi yang berisi file Windows kemudian di dump ke file /tmp/ophcrack.tmp

dump.JPG

Kemudian tunggu beberapa saat untuk melakukan cracking.

Saya melakukan pengujian menggunakan spesifikasi sebagai berikut : Prosessor AMD +2000 1.6 Ghz, Memori 256 Mb dan dijalankan menggunakan VM-Ware.

Lalu saya menggunakan password yang sangat sederhana, yaitu ‘password123′ dan ‘password’. Hasilnya, Ophcrack mampu menebak kedua password dengan tepat dan hanya membutuhkan waktu 1 Menit!!

Lalu saya coba untuk mengkombinasikan huruf, angka dan simbol dengan memberikan password : ‘p4ssw0rd’ dan ‘p4ssw0rd~!@#’. Hasilnya, Ophcrack mampu menebak ‘p4ssw0rd’ dengan waktu 8 menit dan tidak dapat menemukan ‘p4ssw0rd~!@#’.

hasil.JPG

Selain menggunakan CD, dengan sedikit modifikasi, Ophcrack juga dapat dijalankan melalui USB Flashdisk. Caranya dengan menginstall SLAX ke dalam USB Flashdisk dan menambahkan modul ophcrack di SLAX serta menyalin Rainbow Tables ke dalam USB, maka Ophcrack LiveUSB sudah dapat dijalankan -D

Selain itu, untuk mempersingkat waktu, kita dapat mengambil file HASH terlebih dahulu yang terletak di /tmp/ophcrack.tmp kemudian baru di crack di tempat lain tanpa perlu menunggu lagi di komputer target. -D

Saran

Ibarat pisau bermata dua, Ophcrack dapat menjadi sangat berguna ketika ada seseorang yang lupa password Windows dan ingin me-recovery password dengan cepat dan mudah. Namun disisi lain, Ophcrack dapat juga menjadi ’senjata’ ampuh bagi cracker untuk menjebol Windows dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Bahkan kabarnya Ophcrack ini merupakan tools yang paling cepat untuk crack password Windows. Untuk itu ada beberapa hal yang dapat mengurangi resiko agar password komputer kita tidak ‘dibobol’ dengan mudah.

1. Setting password BIOS komputer dan atur urutan boot agar tidak melakukan booting pertama kali dari CD atau USB.

2. Gunakan password yang terdiri dari huruf+angka+simbol agar tidak mudah di crack.

Oph… Crack!! -D


25 Responses to “Hack Windows XP Password dengan Ophcrack”


  1. 1 Surya
    March 20, 2008 at 1:12 pm

    Mas Download Live CD nya lama banget nie, Bisa minta tolong copy kan gak?? Nanti seluruh biayanya akan saya ganti. Jika Bisa Tolong kontak ke email saya di atas.

    Terima kasih atas ya atas bantuannya.

    Hormat saya

    Surya

  2. 2 imancyber
    March 21, 2008 at 4:29 pm

    sebelum nya saya mengucapkan terima kasih banyak kepada mas surya yg sudah berkenan hadir di blog sy yg sederhana ini.. saya cukup senang dengan tawaran mas tersebut.. untuk memesan cd oph crack perihal mas tersebut sudah saya kirim ke alamat email mas surya. harap dibaca segera dan mohon balasan nya segera

  3. 3 abdur
    April 6, 2008 at 4:37 am

    mas cara nge burningnya gimana? aku dah download iso-nya.

    di exctrac dulu apa g?

    nama cd-nya apa?

    mas, balasnya tolong lewat e-mail dulu ya… aku belum masuk wordpress, skalian biar alamat mas bisa tersimpen.

    yang laen juga, di a_BEDU_rm@yahoo.com

    tolong ya…

  4. 4 NIZUAR RAHMAT
    April 8, 2008 at 6:13 am

    SAYA AKUI INI YANG PALING OKE…..DAN TOP SETELAH SAYA BANYA ARTIKEL INI. TAPI SAYA MASIH BINGUNG TUH….MENGGUNAKAN CARANYA.
    APA DI OPHCRACK.ISO SUDAH ADA PROGRAM FLUXBOX, SAYA PERNAH MELAKUKAN TAPI DITENGAH JALAN MENAYAKAN TRY ENTERING SLAX DAN PASSWORD… GIMANA LAGI YA…..DAN UNTUK SOFTWARE MENGGUNAKAN OPHCRACK DI usb ADA TIDAK SAYA MASIH BINGUNG MENGGUNAKAN MELALUI USB

  5. 5 imancyber
    April 8, 2008 at 7:37 am

    trima kasih bwt nizuar rahma yg sudah berkenan mampir ke blog saya yg sederhana ini..saya mengharapkan masukan2nya untuk kemajuan blog ini dan kemajuan dunia teknologi dan informasi indonesia…😀

  6. 6 ricky
    April 18, 2008 at 2:46 am

    mas dikantor ku ada beberapa clain yang suka pakai ip orang. trus aku mau tanya gimana caranya mengshutdown dari pc 1 ke pc2 dari under dos, aku udah coba
    ketik c:\shutdown -r -m \\ip address pc 2 -t 2 messagenya the network path was not found, apa yang salah ini mas sintaknya tolong kirim ke email aku thank’s

  7. 7 muna
    April 29, 2008 at 3:10 pm

    good.
    cuma satu kata itu yang tepat.
    ane dah download, tapi cara pakenya gmana yah?
    pa harus diextract dulu baru di burning?
    ato kadang da masalah laen yang bakal timbul…
    mohon pencerahannya.
    di balas lewat e-mailnya ajah yah?
    tq b4.

  8. 8 Nuri
    May 2, 2008 at 5:00 am

    Assalamualaikum..
    Aq desperate bgt, dah hampir 1 taun fs q di hack ma org. Aq mau ambil lagi fs q yg di hack, bs ksh tau caranya mas??
    Hacker tsb sudah mengganti uername n password fs q. Gimana cara mengambil fs q lagi? Gmn jg cara mengetahui username n password q yg udah diganti tsb??

    Sebelumnya terima kasih, ditunggu infonya.

  9. May 17, 2008 at 6:42 am

    mas gimana cara ngeburningnya?kok gak bisa booting?apa iso nya langsung diburning,ataou diextrack dulu?Trus cr buat biar bootable gmana?>
    Yang kedua , katanya bisa lewat USB file yang mesti dikopy apa aja tanx ya

  10. 10 MRSATAN
    May 17, 2008 at 9:06 am

    mas klo ophack sudah didownload trus apa masih diextrac?atau langsung diburning iso nya

  11. 11 mrsatan
    May 17, 2008 at 9:08 am

    mas gimana cara biar bs mburning ophcrack nya biar bs bootable?apa perlu diinstal trus biar bs lewat flash gmana?file apa aja yang harus dicopy?

  12. May 19, 2008 at 6:37 am

    mas setelah didownload, trus diextrack atau langsung diburning?biar bs jadi bootable gmana?
    Klo biar bisa boot lewat flas gmana? file nya apa saja?

  13. 13 imancyber
    May 19, 2008 at 11:57 am

    TRIMA KASIH BANYAK SAYA UCAPKAN KPD MR.SATAN ( ANAK BUAH NYA SETAN IJO YA ..HE,HE,,HE,,:))
    KARENA TELAH BERKENAN HADIR DI BLOG SAYA INI.. SAYA MINTA MAAF KARENA KETERLAMBATAN SAYA MEMBALAS COMENT DARI ANDA.

    UNTUK MEMBUAT CD BOOTABLE OPHCRACK CUKUP MAS BURNING FILE .ISO NYA SAJA TAK PERLU DI EXTRACT LAGI.

    UNTUK MEMBUAT OPHCRACK LIVE USB MAS MESTI MEMILIKI USB YANG BERKAPASITAS DIATAS 256 MB.SERTA MENGISNTALL FILE SLAX NYA KE USB ANDA.

    SEKIAN TERIMA KASIH SMOGA BERMANFAAT.😀

  14. May 26, 2008 at 8:41 am

    q dah donlod file isonya!!!
    tapi waktu booting g bs tampil scara otomatis!!
    g bisa langsung meng hack hash windowsnya
    pokoknya g bisa /mnt/hda1/windows …..dst
    please kasih tau caranya klo g bs otomatis seperti yg di contoin
    please kasih tau y????

  15. 16 sule
    June 17, 2008 at 4:09 am

    mas….
    Aku dah download dan copy opchrack ke cd
    waktu aku burn ke cd file aku extrax dulu
    yang jadi pertanyaan:
    pada saat boot tidak mau masuk ke cd room
    padahal saya sudah seting di bios
    tolong dong mas gemana langkah-langkahnya
    terima kasih…

  16. August 2, 2008 at 6:44 am

    mas tolong kirimin cd, instalasi biar bisa pake untuk di flash disc, beserta modul penggunan nya.
    tolong kirimin rincian biayanya ke E-MAIL SAYA (saputra_0852@yahoo.com). lokasi saya dibandar lampung.saya anak kost, komputer saya sering dijahilin temen2 saya dengan mengubah login nya, tolong kabarin saya secepatnya. tapi jangan mahal ya mas, maklum anak kost

  17. 18 Ahmad
    August 15, 2008 at 2:42 pm

    Assalamualaikum

    Mas Download Live CD nya lama banget nie, Bisa minta tolong copy kan gak??Jika Bisa Tolong kontak ke email saya ahmad_panic@yahoo.com

    Terima kasih atas ya atas bantuannya.

    Hormat saya

    Ahmad

  18. August 16, 2008 at 4:50 pm

    mas imancyber saya newbie disini saya mau tanya apa file .iso itu uda pernah d upload ke rapidshare ato belum??kalo sudah saya minta alamat linknya…tapi kalo belum saya boleh minta tolong tidak agar di upload ke rapidshare..soalnya server untuk download live USB “http://www.pendrivelinux.com/2006/09/20/all-in-one-usb-slaxzip”
    sangat lamban…saya minta tolong dengan sangat…oh ya kalau sudah Tolong d emailkan ke saya…tolong dengan sangat ya mas!!!saya butuh banget!!!

  19. 20 ivan
    August 16, 2008 at 4:51 pm

    mas imancyber saya newbie disini saya mau tanya apa file .iso itu uda pernah d upload ke rapidshare ato belum??kalo sudah saya minta alamat linknya…tapi kalo belum saya boleh minta tolong tidak agar di upload ke rapidshare..soalnya server untuk download live USB “http://www.pendrivelinux.com/2006/09/20/all-in-one-usb-slaxzip”
    sangat lamban…saya minta tolong dengan sangat…oh ya kalau sudah Tolong d emailkan ke saya…tolong dengan sangat ya mas!!!saya butuh banget!!!

    …tolong mas agar semua file yang di butuhkan untuk live USB di gabung dalam 1 file rar/zip

  20. August 25, 2008 at 2:53 am

    Wah, keren! tapi, membingungkan (maklum, pemula). Mas, saya juga mau dong dikirimin file CD-nya(ntar ongkosnya diganti).

  21. August 30, 2008 at 6:45 pm

    mas thanks you atas artikelnya, mas kirimin caranya yang lengkap kemail sya
    maklum saya pemula masih awam yang namanya ngheck!!!

    sekali lagi thanks you

  22. 23 Iend
    February 24, 2009 at 3:01 am

    Mas thanks atas infonya mengenai ophcrack

    Mas Tw ga alamat download ophcrack yang terbagi2, , , ga cuma 1 kali download tapi mungkin terbagi 5 part.

    Kalau tidak ada saya minta tolong krimkan ke email saya ya….plizzzzz

  23. 24 KOBAYASHIE
    February 26, 2009 at 4:03 pm

    mas aq baru soal ophcrack.sempat kaget.udah coba diunduh tapi kayakx gak bisa. mohon petunjukx, tapi kalau mas berkenan bisa tolong dikirimkan ke email saya.terima kasih

  24. 25 hitman47
    March 1, 2009 at 10:30 pm

    usul nie yeee…sama2 blajar hehehe..enakan bikin trojan horse dimana yg dimuatkan adalah script buat nge kill virus2 yg ada di komputer,so cara kerjanya persis kayak virus plus cara penularanya tp yg ditularkan justru stand alone buat scan otomatis virus komputer kan bagus tuh,


Leave a Reply

Disclaimer

This blog consists of external links only. I'm not responsible of any file and content as they are not under my control. Links and contents are not checked. All downloads are under your responsability.

online

anda pengunjung ke

  • 256,028 pengunjung
January 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
My Popularity (by popuri.us) KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

join

Earn $$ with WidgetBucks!

Media


