27
Jan
08

Kandidat Gubernur Lampung Mulai Bertarung Spanduk

– Para kandidat gubernur Lampung telah memulai pertarungannya dengan memasang spanduk tentang dirinya atau meminta dukungan masyarakat, padahal belum ada satu pun dewan pimpinan pusat parpol yang secara resmi menyatakan akan mendukung kandidat yang terpampang dalam spanduk tersebut.Spanduk- spanduk bertebaran di jalan- jalan utama Lampung, termasuk di jalur jalan lintas Sumatera yang masuk wilayah Provinsi Lampung.

Spanduk mengenai Alzier Dianis Thabranie yang paling banyak terpampang, baik di Bandar lampung maupun wilayah kabupaten lainnya, dan isi spanduk itu masih seputar pencalonannya sebagai gubernur Lampung.

Kemudian spanduk mengenai Sjachroedin ZP, yang juga Gubernur Lampung. Spanduk incumbent ini banyak berkaitan tentang imbauan kepada masyarakat untuk mendukung program pemerintah, termasuk dalam hal pemberantasan flu burung.

Spanduk kandidat kuat lainnya, Andi Achmad Sampurna Jaya (Bupati Lampung Tengah) juga banyak bertebaran, terutama di wilayah Lampung Tengah.

Pilkada Gubernur Lampung diperkirakan dilaksanakan Oktober 2008, sementara parpol sampai saat ini belum ada secara resmi mengusung calonnya untuk bertarung dalam pemilihan gubernur itu.

Pengurus Partai Golkar tingkat daerah mendukung Alzier Dianis Thabranie sebagai kandidat gubernur, namun DPP Partai Golkar sampai sekarang belum mengeluarkan putusan tentang calon yang akan dimajukan.

Begitu juga dengan DPP PDIP, belum mengusung resmi calonnya, meski pengurus PDIP tingkat daerah mendukung Sjachroedin ZP sebagai calon gubernur.

Alzier adalah Ketua DPD PG Lampung, sedang Sjachroedin ZP adalah Ketua DPD PDIP.

Sementara Bupati Lampung Tengah ,Andy Achmad Sampurna Jaya, belum ada parpol tingkat daerah yang secara resmi mendukungnya saat ini, meski ia disebut- sebut sebagai calon terkuat memenangkan Pilkada Gubernur Lampung.

Menurut pengamat politik dari LIPI, Syarief Hidayat, partai- partai politik di Indonesia di era reformasi ini mengarah ke sentralisasi, terutama dalam penentuan calon- calon yang hendak mengikuti pemilihan legislatif maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Hal itu bisa terlihat dalam penentuan calon kepala daerah. Meski daerah mengusulkan salah satu kader parpol di daerah, misalnya ketua parpol di tingkat daerah, untuk maju dalam Pilkada, putusannya tetap berada di pengurus parpol di tingkat pusat,” katanya.

“Sehubungan sentralisasi parpol yang menonjol maka semua keputusan akhir berada di tangan elit pimpinan pusat, sementara proses rekrutmen dan kaderisasi parpol mandek. Apalagi tidak ada kewajiban formal bahwa DPP akan mengusung calon yang diajukan dewan pimpinan parpol tingkat daerah,” kata Syarief Hidayat.

Faktor seperti itu mengakibatkan masih menonjolnya praktek nepotisme di partai politik di Indonesia sampai sekarang, baik dalam penempatan pengurus di tingkat parpol, penetapan calon legislatif maupun penentuan calon yang hendak maju dalam Pilkada.

“Misalnya, untuk bisa menjadi ketua partai politik di tingkat daerah, harus punya kedekatan dengan elit politik di pusat. Begitu juga untuk menjadi anggota pengurus parpol di tingkat daerah itu, tentu harus punya kedekatan dengan ketua partai daerah,” katanya.

Mandeknya proses rekrutmen dan pengkaderan pimpinan partai mengakibatkan parpol- parpol mencari calon di luar kader untuk diusung dalam Pilkada, dan momen Pilkada itu disalah artikan dengan menggunakannya sebagai lahan mencari pendapatan.

“Sehubungan itu, calon peserta Pilkada itu ditentukan oleh ATM (uang). Kalau nilai ATM-nya tidak besar, apalagi tidak punya, maka jangan harap akan bisa mengikuti Pilkada dengan perilaku politik seperti sekarang ini,” katanya. source : Kapanlagi.com


1 Response to “Kandidat Gubernur Lampung Mulai Bertarung Spanduk”


  1. 1 icoh
    February 12, 2008 at 9:08 am

    andy achmad sampurna jaya udah punya blog, ada di http://www.andyachmad.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Disclaimer

This blog consists of external links only. I'm not responsible of any file and content as they are not under my control. Links and contents are not checked. All downloads are under your responsability.

online

anda pengunjung ke

  • 256,028 pengunjung
January 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
My Popularity (by popuri.us) KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

join

Earn $$ with WidgetBucks!

Media


%d bloggers like this: